EVERYTHING, EVERYTHING oleh Nicola Yoon

Genre: YA, contemporary
Rating saya: 4/5
Direkomendasikan untuk: 15+, orang-orang berjiwa muda yang ingin diingatkan bahwa hidup adalah sebuah berkah, jadi laluilah dengan berani

Novel pertama karya Nicola Yoon ini berkisah tentang Madeline Whittier, yang memiliki penyakit yang mengharuskan dia tinggal di dalam rumah tanpa pernah boleh mencicipi dunia nyata. Bahkan, seseorang harus melalui proses dekontaminasi dulu sebelum boleh menjenguknya. Suatu hari, ada seorang cowok yang bajunya serba hitam bernama Oliver yang pindah ke rumah di sebelah rumah Maddy, dan, berkat teknologi yang kita miliki di era modern ini, mereka jatuh cinta. Kemudian hidup Maddy berubah.

Oke, wow, saya bener-bener nggak nyangka bakal suka banget buku ini. Karena Maddy kan udah sakit sejak kecil, jadi tadinya saya kira dia bakal jadi jenis remaja yang galau dan bete banget, tipe yang bakal teriak “KENAPA HIDUP INI GA ADIL?” gitu. Tapi ternyata nggak, dia ngerti dan nerima situasinya. Maksudnya, kalo saya yang sih mungkin nggak bisa setenang dia deh. Saya juga suka Olly. Saya bisa ngerasain dia itu orangnya penuh kasih sayang dan kepedulian dari tingkah laku dan perkataannya. Contohnya aja, dia nyebut adik ceweknya sebagai orang favorit dia di dunia coba! Sayang kita nggak dikenalin lebih deket sama adiknya di buku ini.

Karakter favorit saya udah pasti Carla, susternya Maddy. Saya pikir sih Maddy bisa jadi remaja yang sabar gini tuh berkat Carla, yang udah seperti ibu kedua buat Maddy. Iya sih, mereka memang bareng-bareng terus kan selama beberapa tahun, tapi hubungan mereka tuh bukan sekedar suster sama pasien aja. Carla tuh temennya Maddy, orang kepercayaan Maddy. Dialah yang ngajarin Maddy untuk jadi berani, dan ngingetin bahwa hidup itu adalah sebuah berkah.

Saya suka alur buku ini. Karena diceritain dari sudut pandanganya Maddy, mungkin wajar kalo sedikit banyak hal yang akhirnya nggak dibahas lebih dalam di akhir—kayak adiknya Olly, nasib keluarganya, dll.—tapi saya ngerti sih mungkin hal-hal itu nggak terlalu relevan sama ceritanya. Yang paling penting buat saya adalah hubungan Maddy sama ibunya, sih. Saya nggak bisa bilang apa-apa tanpa ngasih spoiler, kecuali: buku ini ngajarin saya soal moving on, dan nilai diri kita sendiri di luar keluarga kita. Tapi ya, ada sesuatu yang terjadi menuju ending yang bikin saya jadi nurunin rating buku ini dari 4/5 ke 3/5. Saya kecewa sih sama sesuatu itu, tapi ya saya nerima aja. Bingung ya sama kalimat ini? Soalnya kamu belom baca. Kalo udah baca pasti ngerti apa yang lagi saya omongin, dan pasti punya pendapat juga. Hahaha.

Intinya, saya menikmati banget petualangan saya bareng Maddy dan Olly yang saya tamatin dalam beberapa jam aja. Coba baca deh!

Bonus points:

  • Interaksi Maddy sama Olly
  • GAMBAR-GAMBARNYA lucu banget!
  • Permainan Fast Five Favorites-nya Olly
2 thoughts on “EVERYTHING, EVERYTHING oleh Nicola Yoon

Leave a Reply

